RajaKomen

Waduh, Gegara Utang, RI Masuk Daftar Negara Paling Berisiko ‘Remuk’

2 Sep 2021  |  916x | Ditulis oleh : Editor
Waduh, Gegara Utang, RI Masuk Daftar Negara Paling Berisiko ‘Remuk’

Nomura Securities baru saja merilis analisa ekonomi terkini berjudul ‘The troubled ten in Emerging Market’ di tengah menguatnya isu tapering dari Amerika Serikat (AS). Sesuai judulnya, ada 10 negara berkembang yang dikategorikan bermasalah atau terancam mendapatkan tekanan paling parah ketika AS memulai tapering. Indonesia menjadi salah satunya.

Negara lainnya adalah Brasil, Kolombia, Chili, Peru, Hongaria, Rumania, Turki, Afrika Selatan dan Filipina.

Dalam ringkasan analisanya, Nomura mengakui bahwa fundamental ekonomi negara tersebut telah membaik dibandingkan 2013. Terlihat dari defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) lebih terkendali rendah dan cadangan devisa lebih besar.

Akan tetapi pandemi covid-19 telah menimbulkan masalah atau kerentanan baru di negara berkembang. Mulai dari pelemahan ekonomi, kenaikan inflasi, keterpurukan fiskal hingga suku bunga acuan negatif di beberapa negara yang sudah melewati batas pelonggaran kebijakan moneter.

Sementara negara maju seperti Amerika Serikat (AS) memberikan ancaman nyata, yaitu pengetatan kebijakan moneter seiring dengan ekonomi yang pulih lebih cepat. Di sisi lain, China sebagai mesin perdagangan dunia justru alami pelambatan ekonomi.

“Ini kombinasi yang mengerikan bagi negara berkembang. Semakin buruk dengan adanya kerentanan tersembunyi di dalam negara berkembang tersebut,” tulis Nomura seperti dikutip CNBC Indonesia.

Kerentanan tersebut paling utama disebabkan arus modal. Kondisi ini tidak dapat disepelekan. Meskipun banyak analisa lain menyebutkan, lebih rendahnya inflow dalam dua tahun terakhir menurunkan risiko terhadap pasar keuangan di setiap negara tersebut.

Ada dua alasan, pertama derasnya arus modal yang masuk itu sudah terjadi sejak 2014. Kedua, modal yang masuk sudah berkembang seiring kenaikan harga aset dan perubahan nilai tukar.

Selanjutnya utang. Brasil dan India menjadi daftar teratas dengan risiko utang tertinggi, di mana masing-masing rasionya sebesar 98,4% dan 86,6%. Sementara Indonesia dan Chili ada di daftar terbawah dengan masing-masing 41,4% dan 33,6%.

Peningkatan utang terjadi karena pelebaran defisit fiskal dalam pemenuhan kebutuhan belanja di tengah pandemi. Menurut Nomura, ketidakhati-hatian pemerintah dalam mengelola mampu mendorong permasalahan ke defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

“Kami tidak setuju dengan mereka yang percaya emerging market berada dalam posisi yang lebih tangguh dibanding taper tantrum 2013,” jelasnya.(dbs)

(hajinews)

Berita Terkait
Baca Juga:
Sabar Dalam Menghadapi Berbagai Musibah Hidup

Sabar Dalam Menghadapi Berbagai Musibah Hidup

Religi      

27 Maret 2020 | 745


Sabar Dalam Menghadapi Berbagai Musibah Hidup – Setiap orang yang beriman pasti akan ditimpakan musibah di dalam hidupnya sebagai ujian dari Allah. Mereka yang berhasil atas ujian itu ...

Segera Miliki Rumah Murah Milik Sendiri Di Perumahan Tuban

Segera Miliki Rumah Murah Milik Sendiri Di Perumahan Tuban

Tips      

14 Feb 2022 | 718


Apa kabar kaum milenial? Semoga semuanya selalu sehat dan rejekinya lancar. Jika sahabat milenial belum memiliki rumah segera miliki rumah milik sendiri di perumahan Tuban ya. Jangan ...

Siap-siap! Calon Jamaah Haji yang Terpilih Akan Menerima Pesan Teks

Siap-siap! Calon Jamaah Haji yang Terpilih Akan Menerima Pesan Teks

Nasional      

2 Jul 2021 | 481


Kerajaan Arab Saudi mengumumkan calon jamaah Haji yang terpilih melaksanakan Haji 2021. Otoritas terkait mengirim pesan teks kepada mereka yang telah mendaftar dan memenuhi semua ...

Dapatkan Cloud Wordpress Hosting Terbaik dan Murah Disini

Dapatkan Cloud Wordpress Hosting Terbaik dan Murah Disini

Tips      

13 Jul 2022 | 492


Jika anda mencari cloud wordpress hosting terbaik murah, anda harus pintar dan berhati-hati dalam memilih layanan hosting untuk website wordpress yang anda miliki. Pilihlah wordpress ...

Ini Syarat Agar Cicilan Anda dapat Ditangguhkan karena Wabah Corona

Ini Syarat Agar Cicilan Anda dapat Ditangguhkan karena Wabah Corona

Nasional      

9 Apr 2020 | 455


Wabah Covid ini berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk ekonomi. Beberapa waktu yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta agar perusahaan pembiayaan membantu dengan ...

Nonton Film Seru Bisa Download dan Bebas Ngapain Aja Hanya di Sini

Nonton Film Seru Bisa Download dan Bebas Ngapain Aja Hanya di Sini

Film      

27 Jul 2020 | 1567


Sekarang ini siapa sih yang tidak mengetahui penyedia layanan untuk bisa nonton secara online atau nonton film streaming, rasanya sangat sedikit yang tidak tau ya. Karena sekarang ini ...